Sunday, May 6, 2018

Cermati perbedaan Asuransi Mobil dengan Garansi Mobil

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa asuransi dan garansi pada mobil merupakan suatu hal yang sama. Ya, memang keduanya memberikan manfaat perlindungan bagi mobil yang membuat si pemilik merasa aman. Tapi, di sisi lain, keduanya berbeda dalam beberapa hal.
Saat terjadi risiko terhadap mobil yang dapat menyebabkan mobil tersebut rusak, maka kedua jenis perlindungan ini dapat dijadikan pilihan. Namun perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dan dari risiko apa yang terjadi, karena ini berpengaruh pada pilihan perlindungan mana yang me-covernya. Misalnya, Anda terlibat kecelakaan dalam mengemudikan mobil yang mengakibatkan mobil menabrak pembatas jalan sehingga bodi sisi kiri mobil rusak. Maka, pilihan perlindungannya adalah asuransi mobil.
Lalu bagaimana jika mobil rusak tanpa adanya kecelakaan? Misalnya tiba-tiba saja mesin mobil tidak mau menyala saat Anda akan berangkat ke kantor. Klaim ke Asuransi apa Garansi? Simak Ulasan berikut.

Pengertian Asuransi dan Garansi Mobil

asuransi dan garansi
pengertian asuransi dan garansi via shutterstock.com

Asuransi
Garansi
Bentuk perlindungan finansial yang diberikan oleh suatu perusahaan asuransi di mana orang yang mengajukan asuransi bertindak sebagai tertanggung dan perusahaan asuransi sebagai penanggung.
Bentuk penjaminan yang diberikan oleh perusahaan produsen terhadap barang atau produk yang diproduksi dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu, biasanya 3-5 tahun.

Cara Mendapatkan Perlindungan


Asuransi
Garansi
Mendaftar ke perusahaan asuransi
Langsung didapatkan saat membeli mobil baru
  • Perlindungan dari asuransi didapatkan setelah Anda membelinya di perusahaan asuransi,  dengan membayar premi setiap tahunnya.

  • Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan seperti yang diinginkan, kemudian baru ajukan aplikasinya ke perusahaan tersebut.

  • Perlindungan dari garansi didapatkan langsung saat Anda membeli mobil.

  • Umumnya perusahaan produsen mobil memberikan suatu formulir yang harus diisi berdasarkan data diri dan nota pembelian mobil untuk mendaftarkan garansi mobil. Kemudian, Anda akan mendapatkan kartu garansi yang dipakai untuk klaim nantinya.

Perlindungan Apa Saja yang Didapatkan?

Asuransi
Garansi
Perlindungan All Risk dan Total Loss Only (TLO)
Perlindungan terhadap Mesin dan Suku Cadang
  • Terdapat dua jenis asuransi yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO)

  • All Risk akan menanggung semua risiko yang terjadi pada mobil mulai dari dari kerusakan ringan, kerusakan berat hingga kehilangan. Selain itu, terdapat perluasan dalam perlindungan asuransi yang bisa dijadikan pilihan tambahan seperti perlindungan dari kerusuhan huru-hara, bencana alam, terorisme, sabotase, cedera badan atau kematian terhadap penumpang, tanggung jawab penumpang serta tanggung jawab pihak ketiga

  • Total Loss Only (TLO) hanya menanggung untuk kerusakan mobil parah yang menyebabkan mobil rusak hingga 75% dan juga menanggung kehilangan mobil
  • Memberikan gratis perawatan untuk beberapa waktu tertentu yang mencakup gratis servis ringan, ganti oli dan sebagainya.

  • tidak berlaku untuk komponen yang habis terpakai seperti kampas rem, kopling,baterai/aki, ban dan lain lain.

  • Tidak menanggung risiko kehilangan.






Biaya yang Dibutuhkan

biaya asuransi
menghitung biaya via shutterstock.com

Asuransi
Garansi
Biayanya beragam
Gratis
  • Biaya yang dibayarkan dalam asuransi disebut premi yang nantinya akan dibayarkan dalam jangka waktu tertentu, misalnya perbulan atau pertahun.

  • Faktor yang mempengaruhi besaran premi asuransi yaitu, jenis asuransi, perluasan asuransi dan kebijakan perusahaan asuransi.

  • Jangka waktu bisa diatur, sesuai kesepakatan yang tertulis dalam polis asuransi.
  • Tidak diperlukan biaya tambahan untuk mendapatkan garansi karena saat membeli mobil baru, garansi sudah langsung bisa dinikmati.

  • Jangka waktunya sekitar 3 sampai 5 tahun.

  • Beberapa perusahaan produsen mobil memiliki fasilitas untuk memperpanjang masa garansi. Tentu saja untuk menikmati perpanjangan fasilitas purna jual ini Anda dikenakan biaya tambahan.


Cara Klaim

Asuransi
Garansi
Klaim ke perusahaan asuransi
Klaim ke dealer resmi perusahaan produsen mobil
  • Laporkan risiko apa yang dialami

  • Buat laporan dari kepolisian terdekat jika mengalami kecelakaan atau kehilangan yang bisa menjadi bukti pengajuan klaim.

  • Lengkapi surat-surat yang dibutuhkan misalnya, KTP, SIM, STNK, Polis Asuransi serta formulir klaim yang sudah diisi dan ditandatangani.

  • Mobil akan ditangani oleh bengkel rekanan perusahaan asuransi
  • Membawa mobil ke bengkel resmi untuk diperbaiki

  • Membawa kartu garansi atau tanda bukti lainnya

  • Pastikan juga bahwa mobil Anda masih dalam masa garansi




Hal-hal yang Harus Dihindari

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk asuransi dan garansi untuk diperhatikan dan dihindari untuk mendapatkan perlindungan dari asuransi dan garansi. Hal ini karena ada beberapa hal yang bisa membuat asuransi dan garansi hangus.
hal yang dihindari
hal yang harus dihindari via shutterstock.com

Asuransi
Garansi
  • Masa berlaku polis berakhir.

  • Masa berlaku SIM berakhir.

  • Mengendarai kendaraan dalam pengaruh minuman keras atau obat-obatan terlarang.

  • Sengaja menghilangkan kendaraan.

  • Memodifikasi perangkat audio

  • Memodifikasi ban

  • Memodifikasi kelistrikan




  

Pahami Manfaat dan Perbedaan Perlindungan Keduanya

Perbedaan mendasar antara asuransi dan garansi terletak pada apa yang dilindunginya. Asuransi lebih kearah risiko yang disebabkan oleh pemilik sedangkan garansi perlindungannya lebih kearah mesin dan spare part dari mobil yang berkemungkinan rusak saat beroprasi dan bukan karena kesalahan pemakai. Artinya garansi menjamin kelengkapan mobil yang tertuang dalam surat asuransi untuk bisa tetap bekerja. Dengan begitu, Anda sudah tahu kan jika mobil tiba-tiba rusak harus klaim ke mana.

Related Posts

Cermati perbedaan Asuransi Mobil dengan Garansi Mobil
4/ 5
Oleh